Tips dan Cara Menghemat Uang Belanja Bulanan Hingga 30 %

Mengatur keuangan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keharmonisan sebuah keluarga. Tak hanya itu, mengelola keuangan sangat dibutuhkan untuk bisa bertahan hidup dan mencapai kesejahteraan. Oleh karena itu, membuat perencanaan merupakan sebuah kewajiban yang tidak bisa ditolak. Demi tujuan bersama, setiap anggota keluarga mau tidak mau berperan, bekerjasama dan saling mendukung dalam mengontrol keuangan. Bagaimana setiap individu bisa mensyukuri setiap uang yang ada, rezeki hingga menghargai barang yang telah dibeli.

Hidup hemat dan cermat adalah pilihan utama yang tidak datang begitu saja melainkan membutuhkan perjuangan. Diperlukan effort yang tinggi dan latihan yang terus menerus. Mengelola keuangan akan terasa semakin sulit bagi mereka yang belum terbiasa. Untungnya buku ini hadir ke tangan pembaca dimana penulis akan menuntun untuk menghemat pengeluaran. Dengan demikian mengelola uang menjadi lebih mudah dan ringan. Menurut penulis, sebuah keluarga bisa hemat pengeluaran jika memang memiliki kendali atas pengeluaran-pengeluaran yang ada. 

Melalui buku ini penulis mengajak semua pembaca agar pintar mengalokasikan uang, konsisten, teliti sehingga tidak boros. Diharapkan pembaca mengetahui cara menghemat uang belanja bulanan lebih banyak hingga 30 %. Prinsip yang diajarkan adalah spend less dan save more, membuat pundi-pundi semakin berat dan tambun. Semakin banyak yang ditabung maka semakin cepat tujuan keuangan tercapai. Bagaimana tips menghemat uang, apa saja aktifitas yang menjurumuskan pada boros hingga bagaimana evaluasi dan solusinya, bisa ditemukan secara lengkap dalam buku ini. 


Kelebihan dan Keunggulan Buku

- Sangat detail. Salah satu kelebihan dari buku ini menurut saya adalah pembahasan dari bab ke bab yang sangat teliti. Semuanya dipaparkan secara rinci dan berkaitan satu sama lain. Sesuai dengan judulnya agar bisa hemat uang lebih banyak, maka hampir di setiap bab terdapat tips menghemat uang. Misalnya saja tips hemat uang untuk urusan dapur, untuk pesta hingga traveling. 

- Mudah dipraktikkan. Penulisan buku ini berangkat dari kenyataan kehidupan sehari-hari serta pengalaman penulis bersama sekeluarganya. Bukan berisi teori melulu. antara teori dan praktik bisa dibilang berimbang. Dengan demikian, apa yang disampaikan adalah real dan nyata. Oleh karena itu, apa yang dibahas memang masalah-masalah yang sering dijumpai secara umum dalam kehidupan masyarakat. 

- Judul yang spesifik. Nah, ini yang saya suka dan menarik perhatian saya. Dari sekian judul buku yang ada dalam koleksi baca saya, saya merasa buku ini berbeda judulnya. Jelas dan lugas yaitu Cara Hemat Bulanan Hingga 30 %. Pertama kali melihat saya langsung penasaran sebab saya juga lagi berjuang dalam meningkatkan ketelitian dalam mengelola uang agar bisa menghemat lebih banyak. Pembahasan buku ini benaran mendukung konsep yang tertuang dalam judulnya, sinkron jadi bukan boombastis. 


Kekurangan dan Kelemahan Buku

-  Ada beberapa pembahasan yang terlalu berlebihan. Terus terang sedikit sulit bagi saya mencari celah kekurangan dari buku ini soalnya secara ide konten sangat bagus. Hanya saja ada pada beberapa pembahasan menurut saya pembahasannya terlalu jauh dari topik dan menurut saya sebaiknya perlu dipangkas atau dikurangi. 

Dari judul, bab hingga sub bab menurut saya sudah berkorelasi dan sesuai. Namun, tinggal soal isi pembahasan dimana ada yang terlalu panjang dan kurang berkaitan. Dengan demikian diharapkan akan semakin fokus.  Misalnya saja ada yang membahas hingga jenis-jenis dan sejarah nasi goreng, daftar vitamin minyak kelapa dan sebagainya. 

- Desain gaya lama. Selain itu, berhubung buku ini cetakan 2016 maka halaman per halamannya hitam putih semua sehingga kadang terasa sedikit kurang nyaman dibaca. Jika nantinya dicetak ulang dan diberi variasi warna dengan desain kekinian, rasanya akan lebih menarik dan enak dibaca.  

-Beberapa paragraf ada tanpa spasi. Sebenarnya secara keseluruhan, paragrafnya sudah tertata dengan rapi. Mudah dibaca karena ada jarak antar paragraf. Namun, pada beberapa halaman ada yang tidak memiliki jarak antar paragraf misalnya hal 245 dan 246. Membaca halaman tanpa jarak antar paragraf tentu saja sedikit kurang nyaman.


Kata-Kata Motivasi dan Favorit

- " Hidup hemat dan cermat bisa dimulai dari sebuah perencanaan. Jika Anda bersedia bersusah payah merencanakan kehidupan Anda, setengah perjalanan hidup yang hemat dan cermat sudah berada di dalam genggaman Anda. Anda tinggal menempuh setengah perjalanan yang lebih mudah untuk menjalani hidup yang hemat dan cermat." (hal.xix)

- "Jika Anda Tidak merencanakan, berarti Anda merencanakan untuk gagal. Banyak yang menganggapnya sebagai hal yang sudah biasa, kebutuhan hidup yang berlari kencang di depan  dan penghasilan yang tertatih-tatih menyusul di belakangnya. Mereka sudah mengalami dari generasi ke generasi." (hal.5)

- " Jangan menghabiskan semua penghasilan Anda, tetapi didiklah Anda hanya menghabiskan 50 %-60 % dari penghasilan Anda." (hal.17)

- "Jika Anda membeli produk dengan label "discount" belum tentu Anda membeli dengan harga lebih murah untuk setiap barang. Ingat, membeli banyak tidak selalu lebih murah." (hal.113)

- "Bersikap praktis dan melakukan penghematan adalah hal yang baik, tetapi jangan mengorbankan kesehatan Anda. Jika kesehatan terganggu, bukannya menghemat, malah Anda harus mengeluarkan lebih banyak biaya untuk berobat." (hal.115)

- "Jangan belanja dalam keadaan bingung, sedih atau sedang dalam masalah lain. Terutama pada wanita, belanja dalam keadaan seperti ini akan membuat Anda lapar mata dan akhirnya membeli sesuatu yang sama sekali tidak perlu." (hal. 195)

- "Banyak orang yang bingung karena merasa tidak bisa menabung karena tidak ada lagi uang lebih yang bisa ditabung. Padahal dengan menjalani hidup hemat dan cermat, Anda akan menghemat uang Anda dan memiliki tabungan yang bahkan tidak pernah Anda sangka." (hal.257)

- "Uang yang lebih banyak tidak menjamin hidup yang lebih berbahagia, sebab banyak faktor lain yang mempengaruhi. Tetapi uang akan membantu mereka yang memilikinya untuk mencapai banyak hal di dalam hidup ini." (hal.287)

Saran dan Kesimpulan

Buku ini sangat cocok dan direkomendasikan bagi pemula atau mereka yang sedang berusaha memangkas pengeluaran bulanan. Seperti yang telah disinggung diatas, isi buku ini fokus tentang apa saja kebiasaan yang membuat boros dan bagaimana cara berhemat. Bagi teman-teman yang sudah mulai bisa menghemat uang belanja bulanan, membaca buku ini bisa menjadi inspirasi dan motivasi untuk meningkatkan sikap hemat dan cermat. 

Bagaimana Cara Mendapatkan Buku Ini?

Jika teman-teman juga tertarik bisa membeli buku ini disini atau membeli ebook langsung melalui Gramedia Digital. []