Inspirasi Investasi Saham Tanpa Modal dari Seorang Mahasiswa


Jika disebut investasi saham, pastilah sebagian besar orang berpikir bahwa ini merupakan instrumen investasi yang membutuhkan modal besar. Yap, cocoknya untuk mereka yang berduit, kalangan menengah ke atas. Namun, sekarang mindset ini sudah mulai bergeser dengan semakin mudahnya akses masuk ke pasar modal. Bahkan ada orang yang mampu mematahkan anggapan tersebut dimana sukses investasi saham tanpa modal. 

Buku ini menceritakan perjalanan seorang mahasiswa akuntansi bernama Dimas Eka Prayoga dalam mengenal investasi saham hingga menjadi terkenal di dunia saham. Dimas yang berasal dari keluarga dengan ekonomi biasa, dengan uang jajan terbatas dan tanpa modal kemudian mencoba mencari uang tambahan dari saham sejak masih kuliah. Tidak hanya berhasil menikmati dan mengembangkan portofolio berkali lipat, dimas juga dapat memberikan solusi keuangan bagi keluarganya dari hasil return saham. 

Apa yang diraih Dimas bukanlah didapat secara instan melainkan membutuhkan perjuangan, mengalami banyak kegagalan dan melakukan berbagai percobaan. Dimas begitu antusias hingga menemukan strategi dan memiliki kemampuan dalam menganalisis saham di pasar modal. Nah, seperti apa kisah Dimas mengumpulkan modal dari nol untuk investasi saham hingga kemudian dikenal menjadi bapak saham di lingkungan pertemanannya dan berhasil menikmati hasil perjuangannya? Semuanya diceritakan secara runut di dalam buku ini.


Kelebihan dan Keunggulan Buku

Setelah membaca dari awal hingga akhir, saya menyimpulkan bahwa terdapat beberapa kelebihan dan keunggulan dari buku berjudul "Gaya Bokek Nabung Saham ala Mahasiswa ini. Berikut saya jabarkan kelebihan yang saya maksud tersebut :

- Bercerita apa adanya. Sebagian buku autobiografi saya menemukan penulis cenderung menonjolkan kebaikan dan kelebihan saja. Namun, dibuku ini saya tidak hanya menemukan cerita kesuksesan tetapi juga kegagalan. Tidak melulu membicarakan keunggulan dan prestasi tapi juga menggambarkan keadaan diri dan keluarganya sesuai dengan kondisi yang ada. Dimas bahkan tidak sungkan memberitahu bahwa dia terpaksa menjual sebagian sahamnya untuk membantu orang tuanya untuk biaya sekolah adiknya. Atau tidak sengaja melakukan kesalahan yang membuatnya rugi besar dalam waktu beberapa menit saja.

- Bahasa sederhana dan mudah dipahami. Kisah Dimas yang mengalir dari awal hingga akhir membuat saya merasa ikut tenggelam bahkan bisa merasakan bagaimana posisi Dimas pada waktu itu. Saking terbawa secara emosional, saya bahkan langsung bisa menamatkan dalam waktu singkat soalnya saya tidak sabar ingin menyelesaikan sampai bab terakhir. Cara Dimas bercerita sangat gampang ditangkap dan dimengerti. Jika penulis dan pembaca itu diibaratkan sebagai orang yang sedang bercerita, maka cerita Dimas ini lengkap dan diterima dengan mudah. Membaca tulisan dimana penulis menggunakan "aku" rasanya lebih hidup dan ada dialog. Sama sekali tidak membosankan, malah membuat penasaran. 

- Diberi tantangan setiap bab. Keunikan buku ini menurut saya terletak pada halaman berjudul investor kick off. Para pembaca dibawa tidak sekedar mendengarkan kisah si penulis melainkan diberikan tantangan agar mulai terjun ke pasar modal. Tidak sekedar teori dan cerita melainkan pembaca didorong untuk mengambil tindakan nyata mulai investasi saham. Ini adalah bagian yang paling saya sukai karena jarang banget saya menemukan id kreatif seperti ini. 

- Sarat motivasi. Selain memberikan berbagai tantangan, pada setiap bab juga disisipkan kalimat-kalimat motivasi yang relevan. Quote motivasi dari para tokoh terkenal tersebut bisa membangkitkan semangat terutama dalam bidang keuangan dan investasi. 

- Dilengkapi penjelasan atau kamus. Istilah-istilah di dunia investasi terutama pasar modal pastilah membuat orang awam bingung. Syukurlah ketika membaca buku ini, pembaca dibantu memahami segala hal tentang saham dengan adanya bab berjudul "apakah kamu tahu". Yup, di bab ini akan ditemukan kolom yang berisi daftar istilah khusus beserta maksudnya. Kalau buku lain biasanya kamus istilah ini berada di akhir bab sebelum daftar pustaka, nah di buku ini disediakan kamus di setiap babnya. Benar-benar keren. 

- Ilmu teknikal dan fundamental. Walaupun termasuk buku yang berisi kisah dan perjalanan, namun isinya terdapat banyak pelajaran berharga. Selain mendapatkan hikmah dari kisah Dimas, pembaca juga memperoleh bekal ilmu untuk terjun ke dunia pasar modal. Pembaca benar-benar dibimbing dari nol. Rasanya nyaman saja menyimak buku ini karena tidak berisi teori investasi saham melulu melainkan dikemas secara ringan dan menyenangkan. Saya tipe yang paling malas melihat grafik dan kurva serta hitung-hitungan, namun lewat buku ini saya jadi termotivasi untuk mempelajari. 


Kekurangan dan Kelemahan Buku

Hm, terus terang saya bingung akan hal ini. Soalnya saya sudah mencoba membolak balik halaman demi halaman tapi tidak menemukan kekurangan. Tak hanya itu, saya juga berusaha merenungkan dan menganalisis mana tahu menemukan celah yang perlu dilengkapi dari buku ini, hasilnya juga nol. Dari segi tampilan fisik baik itu judul, sampul, warn, layout dan lainnya rasanya tidak ada masalah. 

Buku-buku keluaran Elex Media Komputindo menurut saya diproduksi dengan sangat ketat dan merupakan karya-karya terpilih. Saya menjadi betah membaca berkat adanya desain dan gambar-gambar. Kemudian juga ada kreatifitas jenis font yang digunakan sehingga tidak membosankan. Untuk pilihan judul menurut saya juga relevan dengan pesan yang hendak disampaikan. 

Cuma ada sedikit yang membuat saya kurang nyaman yaitu jarak atau spasi antara gambar dengan paragraf di bawahnya. Begitu juga jarak antara judul sub bab dengan paragraf dibawahnya yang sedikit mepet. Jika spasinya ditambahkan rasanya akan makin bagus dilihat dan nyaman di mata. Kemudian ada kata-kata biasa yang menurut saya tidak perlu diberi penekanan misalnya kata-kata "kalau" yang ditulis "KALAU" di awal kalimat setelah titik. Kekurangan ini termasuk sangat ringan sih dan tidak berkaitan dengan ide penulisan. 


Kata-Kata Inspiratif

- " Dengan tekad yang kuat untuk berinvestasi, aku memikirkan cara untuk mendapatkan uang sebagai modal berinvestasi saham. Aku tidak ingin menggunakan uang orang tuaku untuk hal ini. Akhirnya, aku memutuskann untuk mencari lomba-lomba yang berhubungan dengan pasar modal. Tujuannya sudah jelas, untuk mengumpulkan dana investasiku". (hal.32)

- " Bermula dari "anak saham" menjadi "bapak saham" dan membuatku ingin terus memajukan pasar modal Indonesia. Aku tidak ingin menyia-nyiakan istilah yang mereka berikan kepadaku, "bapak saham"." (hal.71)

-"Pada akhirnya, Januari 2016 adalah awal mula masa-masa indahku sebagai investor saham bersama analisis fundamental. Karena aku memulai debutku menjadi investor bukan trader lagi. Bisa dibilang aku berganti arah dari analisis teknikal menjadi analisis fundamental." (hal.89-90)

-" Aku sangat bersyukur karena bisa mengenal pasar modal dan saham. Kenikmatan yang aku dapatkan merupakan hasil kerja kerasku dan nikmat yang Allah berikan kepadaku. Aku sudah merasakan keuntungan secara nyata di pasar modal." (hal.146)

-" Jawabanku pribadi adalah aku tidak ragu untuk investasi saham di Indonesia. Saat yang tepat untuk investasi saham adalah sekarang. Aku tidak akan menunggu lagi untuk investasi saham." (hal.190)



Kesimpulan dan Saran

Membaca buku ini sangat bermanfaat dan menambah pengetahuan saya dalam bidang investasi terutama pasar modal. Dimas tidak pelit membagikan ilmu-ilmu dasar dan pengetahun penting yang dibutuhkan bagi sesorang yang ingin terjun ke dunia saham. Bahkan beberapa ilmu yang dibagikan didapat dari hasil trial dan error serta hasil analisanya sendiri. 

Buku ini cocok dijadikan pegangan bagi mereka yang awam soal saham dan sangat worth it untuk dibeli dan dibaca. Namun, jika teman-teman sudah punya pengetahuan dasar level beginner dan ingin lanjut ke tahap intermediate maupun advance maka disarankan membaca buku teori yang khusus membahas saham secara detail. 

Bagaimana Cara Mendapatkan Buku Ini?

Saya membeli buku ini kemaren langsung di Gramedia Official Shop cabang Shopee seharga Rp 28.450 saja dari harga asli Rp 65.000. Lumayan banget waktu itu saya dapat promo dan diskon ditambah gratis ongkir Rp 40.000 dan menukar koin Shopee sehingga cuma membayar Rp 28.450 saja. Kebetulan kemaren tinggal 1 stok ini saja. Namun, di toko lain masih ready stoknya. Jika tertarik membeli buku ini, bisa cek disini. []