Cara Cerdas dan Profesional Mengatur Keuangan Rumah Tangga Untuk Mewujudkan Keluarga Sakinah


Sekilas Tentang Buku

Salah satu masalah  yang sering dihadapi oleh keluarga Muslim adalah persoalan keuangan di dalam rumah tangga. Bisa berupa penghasilan yang lebih sedikit  tapi kebutuhan jauh lebih banyak. Bisa juga penghasilan sudah lumayan besar namun entah mengapa selalu habis dan tidak ada yang tersisa. Bahkan ada juga yang diberikan kelebihan harta, bingung menggunakannya sehingga bukannya mendatangkan manfaat malah mudarat. 

Ditambah dengan minimnya pengetahuan dalam manajemen keuangan, maka keadaan sebuah keluarga bisa menjadi lebih parah. Sangat tidak sehat, kacau balau dan dihadapkan pada masalah baru seperti terlilit hutang. Tak jarang kita melihat rumah tangga yang hancur karena tidak memahami apa fungsi harta dan bagaimana mengelola harga dengan benar. Bahkan tidak sedikit keluarga yang pindah agama karena terbelenggu masalah keuangan, mencari jalan pintas untuk keluar dari kemiskinan. 

Buku ini mengingatkan kita akan urgensi pengelolaan dana baik pemasukan maupun pengeluaran keluarga. Bahwa perencanaan dan pengendalian keuangan itu mutlak dimiliki di setiap rumah tangga. Sudah menjadi rahasia umum bahwa tingkat kesadaran akan pengaturan keuangan ini masih minim di tengah masyarakat. Dra Sulastiningsih, Msi menemukan celah masalah kehidupan yang belum banyak dikaji. Dengan kehadiran buku ini, semoga bisa meningkatkan pemahaman tentang pentingnya mengatur keuangan untuk mencapai keluarga yang sakinah. 


Kelebihan Buku

- Kreatif dan solutif. Jarang sekali saya temui ada yang menulis tentang manajemen keuangan keluarga terutama menurut Islam dan memberikan jawaban atas permasalahan keuangan yang mayoritas terjadi. Sejauh ini saya hanya menemukan 2 buku saja yang dipublikasi dan didistribusikan secara nasional termasuk buku ini. Diantara kedua buku tersebut, karya Dra Sulastiningsih ini termasuk yang terbit sudah lama atau idenya tergolong lebih awal yaitu tahun 2008. Sementara ada satu buku lagi dengan judul Mengelola Keuangan Rumah Tangga Islam karya Dr.Labib Najib Abdullah itu terbitnya tahun 2022 kemaren. 

Oya, ada satu lagi buku dengan judul The Handbook of Family Financial Planning [ Mengelola Keuangan Keluarga Secara Islami" oleh Dr.M.Ridwan.MA yang terbit tahun 2015 namun tersedia dalam bentuk ebook dan sepertinya diterbitkan secara terbatas khusus lingkungan akademisi di salah satu kampus di Sumatera Utara. Soalnya penerbitnya adalah penerbit milik fakultas di universitas dan juga saya tidak menemukan dijual di toko buku online. 

-Dilengkapi cerita dan kisah. Salah satu poin yang saya suka adalah cara penulis menyampaikan ide dan sharing ilmu melalui kisah-kisah yang ditampilkan. Selain merasa tidak digurui, saya sebagai pembaca menjadi lebih mudah memahami maksud dan tujuannya. Bahkan saya mendapatkan inspirasi dari salah satu kisah yang ada di buku ini khususnya terkait mengelola uang belanja makan sehari-hari. 

-Tersedia tabel dan contoh. Sebagai penulis yang memiliki latar belakang pengajar akuntansi dan keuangan di salah satu kampus di Yogyakarta, Dra.Sulastiningsih melengkapi tulisannya dengan berbagai tabel dan contoh pengaturan keuangan. Kehadiran tabel-tabel ini melebihi ekspektasi saya sebenarnya karena sangat rinci. Misalnya ada tabel pemasukan, tabel anggaran pengeluaran, tabel inventaris keluarga, tabel aset keluarga, tabel utang piutang hingga tabel nisab zakat. Tak hanya itu, juga ada analisis investasi tanah untuk keluarga. 

-Ada glosarium. Pada halaman awal setelah prolog, sebelum masuk ke daftar isi terdapat halaman khusus glosarium. Menurut saya ini termasuk salah satu kelebihan mengingat masih ada buku yang tidak menyediakan glosarium. Sebagaimana diketahui, latar belakang pembaca tidaklah semuanya berasal dari ekonomi dan akuntansi sehingga istilah-istilah tertentu mungkin akan sulit untuk dipahami. Adanya penjelasan mengenai istilah yang tidak umum atau kurang familiar merupakan hal yang sangat bagus. 


Kekurangan Buku

Saya kesulitan menemukan sisi kelemahan dari buku ini terkait produksi. Baik penyuntingan, aksara, perwajahan muka dan isi, penata letak, cover, urutan halaman, penjilidan dan sebagainya, semuanya tidak ada masalah menurut saya. Apalagi di dalam buku disertai dengan selembar kertas kecil yang menginformasikan bahwa buku telah diteliti bahkan dengan menyebutkan nama penelitinya. Terus juga disertai dengan nomor kontak dan layanan penggantian jika ditemukan cacat produksi. 

Namun, soal gagasan dan materi buku menurut saya cocoknya untuk teman-teman yang masih awam banget, pemula atau memulai dari nol. Terasa sedikit kurang fokus dibaca oleh financial planner yang sudah punya basic dan ingin naik ke tingkat lanjutan. Penilaian ini subjektif saya sebagai orang yang sudah melakukan praktik mengelola keuangan di level menengah, bukan dari nol. 

Begitu melihat judul bukunya, jadi yang ada di benak saya itu babnya dari 1-6 itu membicarakan hal yang terkait dengan pengaturan keuangan baik teori maupun praktik. Nah, ternyata yang saya temukan sedikit berbeda dengan yang saya bayangkan. Saya menemukan 2 bab saja yang fokus membahas manajemen keuangan keluarga. Nah, berikut gambaran kedua bab unggulan tersebut :

Empat : Keuangan Keluarga
Merencanakan Pemasukan Keluarga
Merencanakan Pengeluaran Keluarga
Mengendalikan Keuangan Keluarga
Manajemen Kas Keluarga Sakinah
Laporan Keuangan Keluarga
Manajemen Aset

Lima : Mengelola Pengeluaran Keluarga
Pengeluaran untuk Living Cost
Pengeluaran untuk Biaya Kesehatan
Pengeluaran untuk Pembelian Aset Tetap
Pengeluaran untuk Biaya Pendidikan Anak
Penggunaan Dana untuk fi Sabilillah
Pentingnya Keikhlasan

Sisa bab lainnya membahas tentang keluarga sakinah, membuka pintu rezeki, bekerja dalam Islam dan kemandirian wanita. Walaupun pembahasan ini sebenarnya masih berhubungan dengan keluarga Islam dan relevan dengan judul. Ini hanya soal harapan saya saja yang mungkin terlalu tinggi. Terlepas dari pendapat ini, dari kedua bab tersebut sebenarnya saya juga bisa mendapatkan beberapa ilmu baru, memberikan inspirasi dan motivasi untuk meningkatkan skill saya dalam mengelola uang. Salah satunya terkait bagaimana mengatur pos biaya makan lebih detail dan terstruktur lagi. 


Kata-kata Favorit

- " Bagi seorang Muslim, kelapangan dan kesempitan rezeki merupakan ujian yang harus dihadapi. Tidak saja dengan rasa syukur dan sabar, tetapi juga dengan kreatif, optimis dan tentu saja dengan gaya hidup yang barakah : sedikit rezeki mencukupi, lebih baik daripada banyak tetapi melalaikan ( tentu saja, lebih ideal bila banyak rezeki dan tidak melalaikan). Dalam segala keadaan, mengelola keuangan keluarga yang sedikit tapi mencukupi memang penting, meskipun lebih sulit dibandingkan mengelola uang yang banyak dan mencukupi" (hal. 7)

- Kunci sukses pengendalian keuangan keluarga terletak pada kemampuan kita mengelola diri (self management), kemampuan kita dalam menentukan skala prioritas kebutuhan, kemampuan kita dalam menekan, dan melawan gejolak hawa nafsu cinta dunia..." (hal. 103)


Kesimpulan dan Saran

Seperti yang sempat saya singgung sebelumnya, buku ini lebih cocok untuk pemula. Bagi teman-teman yang belum pernah praktik mengelola uang dan awam. Atau sudah pernah mencoba mengatur keuangan tetapi masih jauh dari kata berhasil. Walaupun cuma dua bab yang fokus pembahasannya dengan manajemen keuangan tetapi bahasannya menurut saya sudah lengkap dan menyeluruh. Dengan satu buku ini saja insaallah sudah bisa belajar mengelola uang. Namun, jika ditambah dengan referensi lain tentu akan jauh lebih banyak ilmu yang bakal di dapat. 

Buku ini sudah mencakup ilmu dasar bagaimana merencanakan penerimaan keluarga, merencanakan pengeluaran keluarga, mengendalikan keuangan keluarga, manajemen kas keluarga, laporan keuangan keluarga dan manajemen aset. Sisa 4 bab lainnya terkait dengan aktifitas mencari rezeki dalam pandangan Islam dan membahas korelasi antara mewujudkan keluarga sakinah dengan pengaturan keuangan. 

Bagaimana Cara Mendapatkan Buku Ini?

Kebetulan saat artikel ini ditulis harganya lagi diskon dari harga Rp 36.000 menjadi Rp 22.500. Yup diskon 38 % dan stoknya juga masih ready. Jika tertarik belajar mengelola keuangan berdasarkan prinsip Islami melalui buku ini, berikut saya share link produk dan penjualnya : Buku Mengelola Keuangan Keluarga di Shopee. []