Bumi Perkemahan Danau Buyan Bedugul, Lokasi Camping Pilihan Super Indah di Bali

Posted by   on Pinterest


Camping di Bumi Perkemahan Danau Buyan Bedugul Bali banyak diminati oleh siswa maupun mahasiswa di Pulau Bali. Saat ujian hampir usai, para mahasiswa mulai sibuk merencanakan sebuah agenda untuk mengisi liburan. Berkemah merupakan kegiatan yang tepat dalam rangka menjalin kedekatan baik dengan sesama mahasiswa maupun dengan pihak kampus. Tak heran jika pada waktu libur, perlengkapan camping laku keras.


Hampir sudah disewa semuanya sehingga kami agak kesulitan mencari lokasi dan sewa peralatan yang sesuai keinginan. Terutama penyedia lokasi dan peralatan kemah favorit dengan harga murah sekaligus strategis. Bagi yang suka dengan sistem dadakan, biasanya memang akan kesulitan menemukan penyedia sewa yang masih kosong. Oleh karena itu, strategi utama sebaiknya merencanakan camping ini jauh-jauh hari dan melakukan booking tempat maupun perlengkapan sesegera mungkin. Atau membeli peralatan sendiri sehingga tinggal menyewa lokasi.


Berkemah merupakan alternatif pilihan mengisi waktu  yang menyenangkan. Selain menikmati suasana alam yang segar dan udara yang bersih, dapat mengurangi stres dan tekanan setelah sekian lama berkutat dengan kesibukan. Bahkan tak jarang kegiatan berkemah ini menarik perhatian masyarakat umum. Tak hanya mahasiswa, berkemah juga sangat direkomendasikan untuk mengadakan family gathering ataupun acara bagi pegawai kantoran pada akhir pekan. 


Setelah sampai di Danau Buyan Bedugul, saya mendapati peserta kemah didominasi oleh mereka yang telah berkeluarga. Mereka tampak riang gembira memasak dan bersepeda bersama.  Berkemah dan piknik bersama keluarga tercinta di sekitar Danau Buyan Bedugul ini merupakan sebuah kesempatan yang sayang sekali untuk dilewatkan.


Perjalanan dan Rute ke Bedugul 

View lokasi kemah yang kami sewa (Dokpri)



Sekitar bulan Oktober, kami pun beranjak menuju lokasi camping di daerah Bedugul. Sebagai pendatang, saya begitu antusias karena penasaran seperti apa sih daerah tersebut. Bumi perkemahan tersebut berada di kawasan Singaraja, perbatasan antara Tabanan dan Buleleng tepatnya di Desa Pancasari.  Jarak tempuh dari Denpasar ke Bedugul Bali sekitar 53 km dengan jarak tempuh 90 menit tergantung kecepatan. Kamu dapat mengambil rute Jl.Denpasar-Singaraja.


Sementara itu, jarak dari Kuta ke Bedugul sekitar 60 km atau 2 jam 15 menit berkendara. Perjalanan menuju ke lokasi diliputi suasana sejuk sekaligus dingin. Ya, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan di pegunungan berupa jalan menanjak dan berkelok yang berada di dalam hutan tropis. Rumah penduduk memang tergolong  jarang disepanjang perjalanan. Namun, tidak perlu khawatir. Jika perut keroncongan, terdapat warung-warung singgah di hampir sepanjang jalan.


Kamu bahkan dapat dengan mudah menemukan warung buat nongkrong minum kopi atau sekedar menyantap mie rebus. Juga ada penjual mie ayam dan bakso. Jika sudah berada di jalan Denpasar-Singaraja tidak susah menemukan Bedugul ini karena jalannya lurus dan searah saja. Ciri khasnya yaitu sekitar 1 km sebelum sampai pada destinasi, akan ditemukan patung jagung tepat di tengah persimpangan jalan.  Lokasi pertigaan ini merupakan jalan menuju Kebun Raya Bali. Juga terdapat pasar traditional sehingga area tersebut tergolong padat dan sedikit macet.


Harga Paket Sewa Tenda, Tiket Masuk dan Fasilitas yang Tersedia


Di lingkungan camping biasanya sudah dilengkapi dengan kamar mandi, tersedia kafe, restoran dan juga penginapan bagi yang memerlukan. Dengan demikian, tidak perlu ragu soal makanan dan air bersih. Kualitas fasilitas yang disediakan memang sangat beragam, tergantung kepada penyedia layanan camping yang dipilih. Jika kamu tipikal orang yang tidak mau sembarangan dalam soal menu makan, membawa bahan masak mentah dan peralatan memasak merupakan ide yang dapat dipertimbangkan. 


Di samping berkemah, kegiatan lain yang dapat dilakukan di area tersebut adalah mengadakan lomba atau permainan. Beberapa penyedia layanan camping menyediakan peralatan sounds system untuk disewakan. Juga terdapat sepeda buat orang dewasa dan anak-anak.  Di sekitar lokasi juga terdapat lapangan parkir yang cukup luas serta adanya penjagaan dari kesatuan keamanan.


Harga paket camping dan sewa tenda berbeda antar penyedia, tergantung masing-masing pemilik. Tenda biasa dengan kapasitas 4 orang disewakan mulai dari harga Rp.125.000-Rp.150.000.  Rata-rata disewakan per tenda berdasarkan ukuran atau model tenda beserta apa saja perlengkapan yang diperlukan. Semakin komplit, semakin naik harga sewanya.


Sementara itu, harga tiket masuk tergolong murah, cukup merogoh kocek Rp.10.000. Adapun latar belakang lokasi camping bukan di atas perbukitan melainkan di tanah lapang berupa padang rumput yang dikelilingi pemandangan ala pegunungan hijau. Di sekitar danau juga tersedia rental perahu atau boat buat berkeliling menikmati suasana di sekitar danau.


Bagi yang beragama Islam, fasilitas tempat ibadah menjadi bagian penting saat pergi liburan. Sekitar 5 menit dari lokasi kemah terdapat sebuah masjid besar. Kamu perlu berjalan ke atas melewati puluhan anak tangga. Dengan air yang terbilang dingin dari mata air pegunungan, shalat dan mengunjungi masjid raya berdesain klasik ini akan melengkapi kegiatan camping.


Pilihan Penyedia dan Rental Camping di Bedugul Bali


Danau Buyan Bedugul Bali yang memang terkenal sebagai bumi perkemahan tidak hanya menjadi ikon wisata tetapi juga sumber mata pencaharian masyarakat sekitar.  Selain berjualan makanan dan minuman, sebagian penduduk membuka jasa penyewaan perlengkapan kemah. Sebenarnya cukup banyak tempat rental camping di Denpasar, hanya saja kamu perlu membawa peralatan tersebut ke Bedugul. Dengan demikian, menyewa peralatan camping di sekitar lokasi jauh lebih efisien dan anti ribet. Di antara penyedia lokasi dan peralatan camping di Bedugul yaitu :


1. Dikubu outbound

Dikubu outbound beralamatdi Jl.Denpasar-Singaraja No.Km.51, Desa Candikuning, Baturiti, Bedugul,Kabupaten Tabanan, Bali 82191 dengan telepon 0813-3919-1587. Lokasinya sangat dekat di pinggir danau dan dekat dengan jalan raya. Kelebihan Dikubu adalah latar pegunungan hijau, tepi danau, kolam memancing dan rekreasi memetik strawberry.


Dikubu juga menyediakan paket wisata petualangan treeking (lintas alam) di hutan dan wisata sepeda. Pengunjung boleh membawa tenda sendiri, cukup membayar sekitar Rp.15.000. Jika menyewa tenda dikenakan biaya sekitar Rp.200.000  di mana harga sudah termasuk 2 matras, 2 bantal dan selimut. Untuk harga paket kelompok, tersedia tenda kecil kapasitas 3 orang dengan harga Rp.300.000 dan tenda besar berkapasitas 5 orang seharga Rp.400.000.


2.Ojear Bali Hills (OBH) Bedugul

OBH Bedugul dikenal juga dengan Taman Tirta Sari Outbound. Menyediakan ATV, camping dan treeking yang beralamat di Desa Pekarangan, Baturiti, Tabanan, Bali 82161 dengan nomor telepon 0811-3852-755. Harga paket camping dengan sewa tenda di OBH mulai dari Rp.75.000 hingga Rp.100.000 tergantung fasilitas. 

Harga Rp.75.000 mendapatkan tempat, tenda, selimut, bantal, kamar mandi dan kamar mandi air panas. Jika tidak menyewa tenda, hanya memakai lokasi dikenakan biaya Rp.35.000 termasuk memakai kamar mandi, air panas dan listrik. Sementara itu, Rp.100.000/orang untuk fasilitas tempat, tenda, selimut, makan 1 kali dan kamar mandi air panas.


3.The Silas’s Agrotourism

Menggunakan slogan Recreation and Education Park, The Sila’s Adventure Camp menyediakan fasilitas akomodasi tenda. The Silas’s beralamat di Br, Batusesa, Desa Candikuning, Kec.Baturiti, Kab.Tabanan, Bali 82191 dengan telepon 0857-3710-2000 atau 0857-3710-3000. Harga paket camping di sini Rp.125.000 termasuk lokasi, tenda, matras, bantal, sleeping bag, listrik, penerangan, kamar mandi, sarapan pagi dan gratis tiket permainan untuk anak-anak.



Penginapan Sekitar Danau Buyan Bedugul


Menginap di alam terbuka dengan memakai tenda memang sangat menarik sekaligus menantang. Akan tetapi, sebagian orang kadang lebih nyaman bila malam hari tidur di penginapan. Bagi kamu yang membutuhkan penginapan, beberapa tempat di bawah ini dapat menjadi alternatif pilihan :


1.Pelangi Homestay 

Beralamat di Jl.Kebun Raya Bedugul, Candi Kuning, Baturiti dan telepon 0823-3422-2223, Pelangi Homestay ini sangat dekat dengan Kebun Raya Bali dan strategis. Tepat berada sebelum bumi perkemahan Bedugul jika kamu datang dari arah Jl.Denpasar-Singaraja. Dengan berlatar pemandangan kebun bunga, penginapan sederhana dan tergolong murah ini cukup banyak dilirik wisatawan terutama pecinta traveling dengan budget terbatas. Harga mulai dari Rp.165.000 termasuk sarapan. Tersedia wifi dan parkir.

 
2.Strawberry Hill Hotel and Restaurant

Penginapan dengan interior seperti bungalow kecil ini dibanderol dengan tarif yang lumayan. Mulai dari harga Rp.450.000 bila kamu sedang beruntung tapi rata-rata harga Rp.600.000. Bagi backpacker mungkin terkesan agak kurang ramah di kantong. Namun, bagi pelancong yang membawa serta keluarga atau bergabung beberapa orang dalam 1 kamar tarif tersebut bisa dibagi sehingga menjadi lebih terjangkau.

Berlatar pemandangan pegunungan, lokasi Strawberry Hill Hotel and Restaurant ini tergolong sejuk, udara bersih dan jauh dari kebisingan. Hotel bintang 3 berfasilitas lengkap ini berada di Jl.Denpasar-Singaraja Km.48, Bedugul, Baturiti, Tabanan, Bali 82191 dan telepon (0368) 21265.


3.CLV Hotel & Villa

Merupakan hotel bintang 3 dengan pemandangan berlatar danau Bedugul. Terdapat beberapa vila yang dapat dipilih dengan berbagai tingkatan harga sewa dan kamar yang cukup luas. Villa sudah dilengkapi dengan dapur, toilet dengan air panas dan ruang tamu. Harga biasanya sudah termasuk  fasilitas seperti TV, sarapan, parkir dan keamanan. Penginapan seperti rumah ini cocok untuk liburan keluarga atau rombongan besar.



Objek Wisata Lain di Sekitar Lokasi Camping 


Rasanya liburan menjadi lebih sempurna kalau sekali jalan mendapat kesempatan mengunjungi beberapa lokasi wisata. Dengan demikian, destinasi yang pernah dikunjungi semakin bertambah dan pengalaman pun semakin banyak. Pada saat berkemah di sekitar Danau Buyan Bedugul, kamu juga bisa singgah di beberapa tempat wisata terdekat. Adapun tempat wisata yang searah dengan Bedugul yaitu : 


1. Kebun Raya Bali

Salah satu view di Kebun Raya Bali (Dokpri)


Jika di Bogor dikenal ada Kebun Raya Bogor, di Bali juga terdapat Kebun Raya Bali atau dikenal juga dengan Bali Botanic Garden. Konon, kebun ini merupakan kebun raya pertama yang didirikan. Kebun ini lumayan dekat dengan lokasi kemah, hanya berjarak sekitar 10 menit. Dengan tarif uang masuk sekitar Rp.9.000/orang diluar biaya parkir, kamu sudah dapat menikmati keindahan kebun yang lumayan luas dan memiliki banyak koleksi botani ini. Selain terdapat beberapa jenis tanaman, di Kebun Raya Bali juga terdapat perpustakaan, laboratorium, penginapan dan toko souvenir.


2. Masjid Besar Al-Hidayah

Selama camping di Bumi Perkemahan Danau Buyan Bedugul, kami sempat beberapa kali berkunjung ke masjid besar ini. Lokasi masjid ini lebih dekat ke lokasi kemah atau berada sesudah Kebun Raya Bali. Masyarakat setempat biasa menyebutnya dengan masjid Candi Kuning. Mungkin karena warna masjid yang didominasi oleh warna kuning keemasan. Begitu juga dengan kampung muslim di sekitar lokasi dikenal juga dengan nama kampung Candi Kuning.


Memandang dari halaman masjid ke arah danau yang dipenuhi kabut saat musim hujan (Dokpri)


Selain aksitektur yang unik dan menarik, hal lain yang berkesan bagi saya adalah landscape di sekitar masjid yang begitu menawan. Lokasi masjid yang berada di ketinggian menjadi tempat yang tepat untuk menyaksikan keindahan danau dan pura. Sayangnya, pada waktu saya kesana pemandangan danau pada musim hujan dari lokasi masjid ini  samar-samar karena terhalang oleh kabut tipis.


3.Pasar traditional 

Sebelum menuju parkir Kebun Raya Bali kamu juga akan menemukan sebuah pasar traditional. Walau tidak begitu besar, pasar tersebut menjual oleh-oleh khas daerah yang dapat kamu bawa pulang buat kerabat. Oya, di sekitar sana juga terdapat penjual bibit dan benih tanaman. Berbagai jenis bunga dipajang sangat menarik perhatian. Nah, bagi seorang pekebun dan suka mengoleksi bunga, berkemah ke Bedugul sekaligus dapat membeli tanaman tersebut.


4.Danau Bratan  dan Pura Ulun Danu Bratan

Saat mengunjungi Bedugul, jangan lewatkan keindahan Danau Bratan atau Danau Beratan. Salah satu danau terbaik di Bali ini selalu ramai dikunjungi wisatawan. Keberadaan bangunan pura menjadi daya tarik tersendiri bagi danau ini terlebih bagi mereka yang gemar mencari spot foto yang instagramable. Berdasarkan sisi sejarahnya, Pura Ulun Danu dibangun di danau Bratan sebagai tempat pemujaan Sang Hyang Dewi Danu, yang berdasarkan kepercayaan orang Bali dapat mendatangkan kesuburan.


5.Danau Tamblingan

Oya, di Bedugul sebenarnya terdapat 3 buah danau yaitu Danau Buyan, danau Beratan dan Danau Tamblingan. Danau Buyan terletak di sebelah, Danau Beratan di sebelah Timur dan Danau Tamblingan di sebelah Barat. Danau Buyan merupakan danau terluas di antara ketiga danau tersebut sehingga lebih banyak dikenal orang. Meski demikian, rasanya liburan tidak lengkap kalau hanya mengunjungi danau Buyan atau Danau Beratan. Danau Tamblingan layak dimasukkan dalam daftar destinasi karena menawarkan alam yang indah dan sejuk. Selain itu, danau Tamblingan yang dikenal sebagai kembaran danau Buyan ini juga sering dijadikan lokasi foto prewedding terutama pada saat matahari terbit.


6.Puncak Wanagiri

Berkemah di Bedugul menjadi lengkap setelah mengunjungi puncak Wanagiri yang berada di jalan raya Wanagiri Pancasari Kabupaten Buleleng Bali. Di lokasi wisata yang memiliki view indah ini juga terdapat spot foto instagramable yang unik. Hanya berjarak sekitar 5 km dari Bedugul, rasanya rugi kalau tidak singgah di Puncak Wanagiri ini.


7.Kebun Strawberry

Di Bedugul tidak hanya terdapat satu wisata kebun strawberry tetapi ada beberapa yang dapat kamu pilih seperti Fresh Strawberry, DiKubu Strawberry dan Strawberry Hill Hotel & Restaurant. Waktu camping di lokasi Dikubu Outbound, saya juga menemukan kebun strawberry, hanya saja pada waktu itu buahnya belum matang. Jadi, tanaman strawberry ini panen pada musim-musim tertentu. Di perjalanan kami melihat wisata Kebun Strawberry lain yang lebih luas dan terdapat spot foto maupun rest area tetapi tidak sempat singgah.


8.Handara Golf & Resort Bali

Lapangan golf hijau yang satu ini sangat indah karena dikelilingi oleh pegunungan dan danau. Tak heran bila menjadi idola para wisatawan mancanegara. Namun, untuk menginap dan bermain golf disana kamu perlu merogoh kocek sedikit lebih dalam. Paket yang ditawarkan mulai dari Rp.750.000-Rp.1.800.000 tergantung pilihan.

Waktu saya berkunjung ke Bedugul dulu juga ada semacam wisata peternakan ular. Beberapa orang teman saya ada yang ke sana hanya saja saya kurang berani dan kurang tertarik. Mungkin saat ini sudah mulai dikembangkan tempat wisata terbaru di Bedugul, tetapi secara umum daftar di atas merupakan wisata yang sudah ternama dan berdiri sejak lama.


Kesan dan Pengalaman Selama Camping di Bedugul


Cuaca di sekitar danau buyan ini tergolong dingin pada malam hari, jadi sangat disarankan untuk membawa selimut dan pakaian yang tebal. Terutama bagi yang alergi dingin atau mudah terserang flu sebaiknya membawa sleeping bag. Pada saat saya camping dulu bertepatan dengan musim penghujan, lokasi kemah yang datar tergenang air. Untungnya pihak penyedia peralatan berkemah lumayan perhatian dan membantu mengatasi masalah tersebut.

Hanya saja badan menjadi menggigil kedinginan, begitu juga jarak pandang menjadi terbatas karena hujan membuat lingkungan seperti diselimuti kabut. Alhasil, sepulang dari danau Bedugul saya mengalami demam flu lebih dari seminggu. Untuk mensiasati agar tidak mengalami kejadian tersebut yaitu dengan berkemah pada saat musim panas serta selalu menyediakan makanan maupun minuman yang hangat. Jangan lupa juga membawa kotak yang berisi obat-obatan untuk antisipasi hal yang tidak diinginkan ya.


Tidak ada komentar:
Write komentar

Hey, we've just launched a new custom color Blogger template. You'll like it - https://t.co/quGl87I2PZ
Join Our Newsletter