Writing Skills for Online Marketing, Kunci Kesuksesan Internet Marketer dan Onlinepreneur

Posted by   on Pinterest

Marketing merupakan salah satu penggerak utama dan kunci penting dalam pertumbuhan bisnis. Sementara menulis termasuk keterampilan yang diperlukan untuk menunjang pemasaran. Menulis untuk marketing tidak hanya dibutuhkan untuk promosi secara offline tapi lebih dari itu.

Bagi seorang entrepreneur, terjun memasuki era internet merupakan keharusan. Untuk mencapai target perlu ditunjang oleh kemampuan dalam menulis khusus bidang pemasaran online. Ini juga menjadi bagian penting bagi seorang pelaku writerpreneur yang memiliki klien para internet marketer.

Urgensi menulis dalam pemasaran di era internet marketing

Di era kemajuan teknologi saat ini, pemasaran online bukan lagi sebuah pilihan tapi kewajiban yang tidak dapat ditawar jika ingin berkiprah di dunia bisnis modern. Baik bisnis skala perusahaan maupun perorangan dituntut untuk masuk dalam kancah pemasaran online. Jika tidak, bisnis akan jauh tertinggal serta tidak mampu mengepakkan sayapnya lebih luas.



Melalui online marketing, jangkauan pemasaran menjadi lebih besar serta menglobal. Tentu saja ini akan mempengaruhi jumlah demand dan juga income. Online marketing tidak terbatas pada memiliki website tapi lebih dari itu. Selain bertumpu pada kreativitas desain, pemasaran online sangat ditentukan oleh content marketing maupun copy writing dari pemilik bisnis maupun staff perusahaan di bagian marketing.

Oleh karena itu, skill menulis untuk marketing harus terus dilatih dan dikembangkan. Skill menulis untuk online marketing lebih cocok dikembangkan oleh karyawan perusahaan bagian marketing, pelaku bisnis perorangan, masyarakat umum yang tertarik dengan pemasaran online maupun content writer.

Bagi karyawan perusahaan yang dibekali pengetahuan dan dasar kinerja dalam mengelola website dan media sosial diharapkan memiliki  jangkauan pemasaran perusahaan yang lebih maksimal. Begitu juga dengan pelaku bisnis perorangan, mendalami writing for online marketing dimungkinkan meningkatkan brand dan pemasukan usaha.  Sementara itu, bagi content writer, keterampilan menulis konten yang bagus akan mendatangkan lebih banyak penawaran proyek menulis dari klien lama maupun baru.

Apa saja yang harus dikuasai terkait writing for online marketing?
  1. Mengelola dan membangun blog/website marketing dengan prima
Tidak hanya cukup memiliki blog/website tapi dibutuhkan sebuah blog/website yang kaya konten, profesional dan mendatangkan prospek untuk masa mendatang. Untuk itu, setiap pebisnis online harus membekali diri dengan ilmu dasar menulis. Di antara keterampilan menulis yang diperlukan yaitu :

  • Menulis kerangka utama penyusun blog/webiste bisnis atau perusahaan
  • Menulis informasi bisnis secara lengkap
  • Mengisi website dengan konten relevan
  • Mencari ide brilian dan membuat judul tulisan di blog/website
" Targetnya adalah bagaimana meningkatkan trafik dan mendatangkan unique visitor setiap harinya. Blog atau website dengan segala pendukungnya harus bernilai guna."

    2. Mengelola dan membangun media sosial marketing 

Selain membangun blog atau website yang kaya dan potensial, pemasaran akan lebih luas dengan dukungan sosial media marketing. Memang hampir semua orang dapat membuat akun media sosial tapi sebatas kepentingan pribadi. Sebagai bagian marketing, dua skill ini merupakan tumpuan utama pemasaran di media sosial dan tentunya wajib dimiliki  yaitu :

  • Cara menaikkan likers dan followers
  • Membuat konten viral
Kedua hal pokok tersebut saling berkaitan dan tidak terlepas dari kualitas konten. Selain konten yang berbobot, gaya penulisan dan cara penyampaian dalam  menulis cukup menentukan.
" Target yang akan dicapai dengan bagian ini adalah pamor brand di media sosial yang melejit. Ini akan berujung pada closing atau transaksi. Bagi blogger yang concern dalam blog advertising, panen click merupakan hasil akhir yang diharapkan."

    3. Keterampilan menulis promosi produk yang maksimal

Bagian lain dari promosi bisnis yang berperan penting yaitu pemasaran produk atau jasa. Produk yang bagus tidak akan tersampaikan dengan maksimal pada calon buyer kalau tidak didukung oleh seni menulis deskripsi produk yang baik. Oleh karena itu, pemasar online perlu memiliki pengetahuan bagian-bagian penyusun utama dalam menjelaskan sebuah produk seperti :
  • Membuat deskripsi produk secara komprehensif
  • Membuat tulisan review produk
" Selain membuat tulisan promosi produk yang lengkap, tulisan yang mengandung call do action merupakan kunci penting yang untuk mewujudkan closing sebanyak mungkin."

PR Seorang Content Writer Profesional dan Handal

Internet marketing mempunyai cakupan begitu luas. Banyak informasi pilihan promosi secara online yang digunakan para internet marketer seperti email marketing, iklan di media sosial dan lainnya. Namun, semua pilihan promosi tersebut sangat bertumpu pada seni, kreatifitas dan kemampuan dalam menulis. Baik menulis konten artikel yang kaya untuk blog/website maupun tulisan sales letter yang menjual.

Jika seorang internet marketer tidak begitu fasih menulis dan sulit untuk merangkai kata, otomatis harus mempercayakan writing for online marketing kepada penulis yang expert di dalamnya. Memang sedikit merogeh kocek harus membayar content creator tapi ini diperlukan untuk ekspansi bisnis. Selain itu, dimungkinkan lebih efektif dan efisien jika diberikan kepada pihak yang memang menulis menjadi pekerjaannya.

Kalau ditelisik lebih jauh, beberapa poin ruang lingkup materi di atas bukan hanya menjadi PR bagi pebisnis internet marketer itu sendiri tapi juga harus dikuasi oleh penulis yang dipilih oleh internet marketer tersebut untuk menulis konten atau review produk mereka.

Bagi penulis seperti saya yang melakoni content writer dengan klien beberapa perusahaan media, jaringan blog dan pelaku bisnis online perorangan, saya sangat menyadari bahwa menulis konten yang apik harus selalu diasah. Bukan sekedar membantu mereka menuliskan artikel sesuai niche blog/webiste atau lulus copyscape (organik) tapi bagaimana artikel yang ditulis memiliki daya yang powerful menarik minat calon pelanggan bisnis yang mereka geluti. []

Tidak ada komentar:
Write komentar

Hey, we've just launched a new custom color Blogger template. You'll like it - https://t.co/quGl87I2PZ
Join Our Newsletter