8 Sumber Inspirasi Pilihan Untuk Mencari Ide Menulis

Posted by   on Pinterest



Beberapa sahabat pembaca pernah menghubungi saya dan bercerita kalau mereka ingin menjadi penulis di masa mendatang. Salah satu yang berkesan bagi saya yaitu sahabat yang berasal dari Bandung. Dia sedang menempuh pendidikan di IPB. Pertanyaannya pada waktu itu terkait dengan tema kali ini yaitu dari mana saja sebenarnya sumber inspirasi menulis.

Sebagian calon penulis maupun penulis pemula sering kesulitan dalam menemukan ide yang akan dituliskan. Ide adalah salah satu poin penting dalam menulis. Ketika tidak punya ide maka kita bingung harus menulis dari mana. Bagi sebagian orang yang memiliki kreativitas tinggi tentunya tidak perlu repot dengan masalah ide. Ide bagi mereka tidak ada habisnya. Stok ide mereka banyak.

Lain halnya dengan mereka yang masih kesulitan dalam ber-ide. Mereka harus berusaha lebih keras lagi untuk menemukan ide-ide yang tersembunyi. Sebenarnya, banyak sekali sumber inspirasi di sekitar kita tapi kadang kita sendiri yang sering tidak menyadari kalau sesuatu itu bisa dijadikan ide. Tak sedikit  orang yang terinspirasi dari hal-hal sepele yang mereka jumpai baik untuk urusan bisnis maupun menulis. Nah, berikut ini sumber inspirasi untuk mendapatkan ide yang mungkin bisa membantu Sobat :

1. Membaca buku
Membaca merupakan aktivitas pendukung utama yang harus dimiliki oleh seorang penulis. Semakin banyak yang dibaca maka akan semakin banyak ide yang didapat. Ketika seorang penulis jarang membaca, hanya sedikit informasi dan pengetahuan yang dia punya. Inilah yang kemudian membuatnya kehabisan ide. Dengan membaca berbagai buku terutama terkait tema yang akan digarap, seseorang akan terinspirasi untuk menulis.

2. Berita di radio dan televisi
Ide juga bisa muncul ketika menonton televisi dan mendengarkan radio. Sebagaimana diketahui, acara di radio dan televisi itu beragam jenisnya. Ada politik, ekonomi, sosial, hukum, kisah hidup, sinetron, talkshow, traveling, kesehatan, kecantikan, humor, anak-anak dan sebagainya.

3. Internet dan media sosial
Bermedia sosial dan berselancar di internet juga bisa lho menjadi sumber inspirasi. Tak diragukan lagi pasti banyak hal-hal yang dijumpai di media sosial dan internet. Sekarang tinggal kita menangkap peluang untuk menemukan ide-ide yang tidak tampak tersebut.

4. Pengalaman diri sendiri dan sahabat
Dalam merampungkan sebuah buku, sebagian penulis tidak perlu jauh-jauh mencari ide. Cukup dengan mengingat semua pengalaman pribadi, keluarga dan sahabat-sahabatnya. Pengalaman-pengalaman tersebutlah yang kemudian mendoronganya untuk mengambil sebuah tema dan menuliskannya.

5. Berbagai film dan lagu
Hampir tidak ada seorang pun yang tidak pernah menonton film dan mendengarkan lagu. Setiap lagu dan fim biasanya memiliki karakter tersendiri. Selain itu juga mempunyai pesan-pesan yang hendak disampaikan kepada penonton atau pendengar. Inspirasi menulis bisa saja muncul dari pesan-pesan atau makna yang terkandung dalam film dan lagu tersebut.

6. Alam
Selain berguru kepada alam, kita juga bisa menggali inspirasi dari alam. Dunia penciptaan Allah yang begitu luas dan alam Indonesia yang begitu indah dari Sabang hingga Merauke bisa dijadikan inspirasi menulis.

7. Dalam perjalanan
Ketika melakukan perjalanan pun seseorang bisa mendapatkan ide. Umpamanya mendapati berbagai kejadian baik di jalan, stasiun, bandara, di atas mobil, pesawat, kereta, di halte dan sebagainya. Dituntut kepiawaian menjaring ide seperti seorang wartawan yang begitu lihai mencari dan mendapatkan sebuah berita.

8. Kuliah dan diskusi
Ide juga bisa didapat dari seorang dosen atau guru. Ketika seorang pengajar menerangkan atau memberikan sebuah tugas, di sana terkadang ada ide-ide. Begitu juga pada saat diskusi baik di kampus maupun di luar kampus. Tinggal kita mengenali idenya saja.

Inspirasi itu tidak selalu muncul dari hal-hal positif. Dari kejadian-kejadian buruk, sebuah ide juga bisa digali. So, mari pertajam kepekaan kita terhadap segala sesuatu dan semoga inspirasi itu terus mengalir.

-------Yogyakarta, 30/10/14

Tidak ada komentar:
Write komentar

Hey, we've just launched a new custom color Blogger template. You'll like it - https://t.co/quGl87I2PZ
Join Our Newsletter